Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Maag

Lambung merupakan organ paling penting yang berperan aktif dalam proses pencernaan makanan. Ketika lambung dalam masalah, baik berupa munculnya radang, infeksi, atau kenaikan asam lambung, otomatis proses dalam mencerna makanan akan mengalami gangguan atau hambatan, apalagi makanan sehat yang seharusnya bisa terserap ke dalam tubuh untuk memberikan dampak positif pada fungsi organ. Mulai dari munculnya gejala sembelit, mual muntah, rasa sakit akibat aktivitas bakteri dalam lambung, dan sebagainya.


Obat memang selalu menjadi pilihan utama ketika masalah maag menyerang. Akan tetapi, anda juga jangan sampai lupa tentang adanya beberapa pantangan yang harus dihindari oleh penderita. Selain itu, anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang boleh dimakan penderita maag berikut ini, di antaranya :

Brokoli

Brokoli yaitu sumber kalium, sulfur, juga vitamin C yg baik bagi penderita penyakit maag kronis. Sulfur adalah prekusor glutation yg berperan yang merupakan antioksidan pelindung pada mucosa lambung. Vitamin C bermanfaat buat memelihara stamina badan yg rata rata menurun (drop) kala sakit maag kronis. Sayuran dari bahan sayaur mayur tidak berserat & tak memunculkan gas yang lain yaitu labu kuning, labu siam, & wortel.

Bubur Ayam


Demikian sakit maag, makanan lunak seperti bubur amat sangat bermanfaat utk memperinganka rasa sakit. Bubur sanggup ditambahkan dgn telur rebus, telur setengah matang, dgn bumbu kecap asing ditambah kerupuk. Hindari memakan sate daleman lantaran susah dicerna.

Kentang Rebus

Kentang rebus bersifat alkali dikala pagi & bisa menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Kentang pula sumber karbohidrat yg memberikan rasa kenyang dalam perut. Bubur kentang, jus kentang bisa meringankan mengurangi sakit maag.

Lidah Buaya

Kandungan saponin dalam lidah buaya ialah antiseptik yg berguna utk meredakan panas & serta yang merupakan penyembuh luka. Senyawa antrakuinon & kuinon dalam lidah buaya berkhasiat yang merupakan antibiotik, & penghilang rasa sakit, sekaligus merangsang pertumbuhan sel baru terhadap kulit. Kandungan mukopolisakarida bermanfaat buat memulihkan radang terhadap saluran pencernaan & arthritis.

Mentimun

Mentimun akan mengurangi panas dalam badan & mencegah rasa nyeri juga perut yg melilit dikarenakan kelebihan asam di perut.

Pisang

Pisang mempunyai teksturnya lunak,& lembut. Warna kuning dikarenakan mengandung kalium yg sanggup menstabilkan asam lambung, pisang ialah salah satu makanan buat penderita asam lambung yg amat sehat. Pisang bakal memberikan resiko kenyang sehigga aman dimakan di antara kala makan. Pisang pula tajir bakal potasium yg dapat menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres & depresi. Tidak Hanya pisang segara mampu pun kita siapkan pisang masak.

Papaya

Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yg bermanfaat buat meningkatkan system kerja pencernaan. Papaya pula mempunyai kandungan asam asetat & asam askorbat sbg obat tukak lambung. Apabila memakan pepaya sesudah satu jam makan bakal dapat mencerna makanan tersebut.

Buah Alpukat
Buah ini mempunyai kandungan gizi & serat yg baik buat kesehatan lambung. Buah ini bakal mengurangi kerusakan hati & menghentikan kerja virus yg menyebabkan hepatitis. Alpukat mempunyai kadar lemak tinggi, & tajir bakal vitamin A, Vit B, Vit C, Vit B12, Vit B Kompleks, Vit E & Vit D. Alpukat mempunyai Vit A terbanyak di bandingkan vitamin yang lain. Tidak Hanya daging buah, kita bakal menggunakan biji alpukat yg diparut, disaring & selanjutnya airnya diminum.

Buah semangka & melon

Semangka mengandung dan melon citrulline asam amino yg bakal membuat amonia buat menjaga tingkat asam dalam badan.

Buah Mangga

Mangga adalah buah yg tajir nutrisi & yaitu anti oksidan & anti inflamasi. Lapisan perut bakal konsisten dingin & terbebas dari asam.

Jeruk

Jeruk walaupun terasa asam tetapi condong mampu diperlukan buat mengurangi sakit maag. Adanya asam asetat & asam askorbat akan jadi obat bagi penyakit maag.

Air Kelapa

Air kelapa dapat mencegah pembentukan asam ekstra di perut. Air kelapa pula jadi pelepas dahaga sebab mengandung glukosa & garam untujk pengganti ion yg hilang dalam badan.

Dengan memerhatikan segala jenis makanan yang anda konsumsi, dan mengutamakan makanan yang boleh dimakan penderita maag untuk dikonsumsi terdepan, masalah anda setidaknya bisa sedikit berkurang.

0 Responses to “Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Maag”

Posting Komentar